Cinta memang membutuhkan pengorbanan tapi jangan menjadi korban

Jumat, 21 September 2012

Tanggal yang Hilang di Inggris Raya

Tanggal 3 September 1752 tidak pernah terjadi di Inggris Raya. Berdasarkan keputusan parlemen, disepakati bahwa Inggris Raya dan koloninya, termasuk Amerika, mengadopsi sistem penanggalan yang dikenal sebagai penanggalan Gregorian. kalender tersebut menggantikan Kalender Julian yang dikenal sejak 46 SM.

Kalender Gregorian ditetapkan antara lain karena ditemukan perbedaan 11 hari antara Kalender Julian dengan siklus tahunan matahari. koreksi tersebut mengakibatkan "hilangnya" 11 hari dalam penanggalan baru. jadi, di Inggris, Rabu, 2 September 1752, langsung diikuti oleh kamis 14 September 1752.

kebijakan tersebut sempat menimbulkan keresahan warga London. Muncul isu dikalangan  pekerja bahwa upah mereka tidak dibayar untuk 11 hari yang "hilang" sehingga terjadi unjuk rasa yang meneriakkan, "Kembalikan 11 hari kami!" Sementara itu, Bapak Bangsa AS Benjamin Franklin secara berseloroh menulis, menyenangkan bagi seorang tua untuk berangkat tidur pada 2 September dan terbangun pada 14 September.












#KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar